-->

Standar Budidaya Tanaman Hias Anggrek

.
.

Budidaya tanaman hias anggrek

Anggrek merupakan jenis tanaman hias yang sangat dinminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan karena bunganya yang sangat indah dan berbagai macam jenisnya serta dapat memperindah taman atau ruangan rumah. Anggrek adalah tanaman yang cocok untuk menambah koleksi tanaman hias dirumah. Dengan perawatan yang mudah dan cara tanam anggrek yang relative mudah membuat para pecinta tanaman hias tertarik membudidayakan tanaman anggrek tersebut.

Budidaya anggrek dalam botol

Karena anggrek banyak sekali peminatnya maka banyak pengusaha tanaman hias memilih anggrek sebagai daya tarik pembeli. Budidaya anggrek sangat mudah dan sederhana hanya dengan merawatnya secara rutin dan dengan perawatan yang baik maka anggrek akan tumbuh dengan baik, anggrek tersebut tumbuh di berbagai iklim. Pengembangbiakannya pun sangat mudah dengan cara alami dengan teknik-teknik tertentu.

Cara menanam anggrek dengan sabut kelapa

Di Indonesia ada berbagai jenis anggrek bahkan sampai ribuan jenis aggrek termasuk anggrek hasil kawin silang. Oleh karena itu Indonesia dikenal sebagai pemilik jenis bunga anggrek di dunia.
berikut cara –cara menanam bunga anggrek  adalah sebagai berikut :
pertama-tama dalam penanaman bunga anggrek harus mengetahui media tanam yang baik untuk bunga anggrek. Media tanam di lihat dari jenis bunga anggrek yang akan di tanam. Penanaman anggrek tidak harus menggunakan ot, anggrek dapat menempel pada tumbuhan lain. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang bagus anggrek sebaiknya di tanam menggunakan pot sendiri

Budidaya anggrek bulan

kemidian pemilihan lokasi penanaman anggrek ini juga sangat berpengaruh pada tanaman dengan intensitas sinar matahari yang didapat tanaman anggrek cukup untuk pertumbuhannya sehingga hasilnya maksimal.

Jenis anggrek

Selanjutnya perhatikan ketinggian pot anggrek
Dalam penanaman anggrek keinggian lokasi pot tidak kalah penting, kondisi lingkungan dan ketinggian pot penanaman anggrek juga sangat berpengaruh dalam pertumbuhan anggrek tersebut.
Ada beberapa kriteria pemilihan ketinggian pot anggrek dan keadaan lingkungannya antara lain :
Anggrek cymbidium adalah tanaman anggrek yang cocok ditanam pada ketinggian 1001 m dpl
Anggrek dendrobium , oncidium atau cattley cocok ditanam pada ketinggian 500 sampai 1000 m dpl
Anggrek vanda dan arachnis akan tumbuh maksimal pada ketinggian 500 m dpl

Cara merawat tanaman anggrek

Kemdian pemilihan bibit anggrek
Dalam penanaman bugnga angrrek pemilihan bibt yang berkualitas sangat penting karena bberpengaruh  dengan hasil yang maksimal. Bibit anggrek paling bagus berusia sekitar 1 tahun dan  telah memilki daun serta akar.

Tanam bibit kedalam plastic selama 3 bulan dan berikan pupuk organic
Setelah 3 bulan pindah ke pot yang lebih besar ukurannya agar tumbuh maksimal.
Kemudian akar akan mulai tumbuh ,

Ciri ciri anggrek

Setelah batang mulai tumbuh beri tiang penyangga agar batang anggrek tidak roboh karena batang anggrek sangat tinggi
Anggrek akan tumbuh pada suhu sekitar 14 derajat C  samai 46 derajat C , jika bisa menjaga suhu tetap pada temperature tersebut maka pertumbuhan anggrek akan melebihi yang kita harapkan

Pupuk untuk anggrek

Tonton videonya di sini