-->

Budidaya Tanaman Hias Bonsai

.
.

Budidaya tanaman hias bonsai

Bonsai merulpakan tanaman hias yang memiliki nilai seni yang tinggi, berbentuk kerdil dan menarik, sehingga memiliki harga jual yang sagngat mahal, harga bonsai relative tergantung dengan pentuk dan tingkat kesulitan dalam perawatannya.

Cara menanam bonsai pemula

Hal yang perlu di perhatikan dalam menanam bonsai adalah sebagai berikut :
Pemilihan bibit tanaman bonsai
Dalam pemilihan bibit tanaman bonsai harus teliti dengan memilih tanaman yang berdaun hijau, sehat dan kebal serangan hama penyakit.

Bagaimana cara membuat aneka jenis produk tanaman bonsai

Akan lebih baik lagi apabila bibit hasil dari cangkokan atau stekkarena memiliki banyak akar lateral atau tidak berakatr tunggang
Contoh tanaman yang dapat di buat sebagai tanaman bonsai antara lain : beringin, asamjawa, sawo, kamboja, crème dll
Pemilihan pot tanaman
Pemilihan pot yang sesuai dengan tanaman merupakan hal sangat penting, dan disertai dengan lapisn kerikil maka tanaman bonsai akan lebih indah dan menarik.

Cara menanam bonsai beringin

Kurangi akar pada bakalan bonsai sebelumditanam supaya sesuai dengan ukuran pot, baru kemudian bonsai dapat dipindahkan pot yang telah di persiapkan
Kemudian posisikan bonsai sesuai dengan yang di inginkan masukkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kemudian padatkan.

Cara menanam bonsai serut

Pembentukan dan pemangkasan bonsai
Dengan pembentukan dan pemangkasan bonsai akan menjadikan bonsai berbentuk seperti yang kia inginkan.sebaiknya dalam melakukan pemangkasan pada pangkal percabangan agar pengeringan tidak terjadi dan mengontrol pertumbuhan cabang.

Cara menanam bonsai kamboja

Pemangkatan akar bonsai dilakukan menyamping agar pertumbuhannya dapat diperbanyak, baru kemudian bisa diaplikasikan teknik perawatan untuk pembentukan ranting, batang dan cabang.bonsai juga bisa dibentuk sesuai keinginan kita. Apakah tegak berliku, miring maupun tegak lurus.

Tanaman hias sansevieria

Proses perawatan tanaman bonsai
Bonsai adalah salah satu  tanaman yang memerlukan perawatan yang tepat agar tidak mati. Perawatan bonsai merupakan perawatan tanaman yang unik dan mendetai mulai dari mengamati pertumbuhannya serperti ranting, batang, cabang, dan dahannya.

Cara menanam bonsai jeruk

Hal yang perlu dihindari adalah tumbuhnya daun yag lebat harus dilakukan pemangkasan agar tidak mengurangi lkeindahan bonsai tersebut.
Pembarian pupuk pada bonsai dilakukan 3 kali dalam setahun untuk pupuk kimiaa ataupun pupuk kompos dan senantiasa disiram setiap hari.

Manfaat tanaman bonsai

Demikian teknik pennaman dan perawatan  tanaman bonsai agar dapat diaplikasikan secara langsung dan bermanfaat bagi penggemar bonsai.