-->

Cara Menanam Bunga Matahari

.
.
Cara menanam bunga matahari

Tanaman Bunga matahari merupakan tanaman hias yang kini jarang sekali dijumpai di halaman rumah.tanaman bunga matahari ini memiliki bunga yang sangat besar dan indah cdengan warna kuning mencolok dan bunganya yang selalu menghadap matahari.

Cara menanam bunga matahari dari kuaci

Tanaman bunga matahari biasanya di budidayakan karena dapat menghasilkan minyak.namun kebanyakan budidaya tanaman bunga matahari ini memiliki berdeda-beda tujan, selain dibudidayakan sebagai penghasil minyak tanaman bunga matahari juga dibudidayakan sebagai tamanan hias, dan tanaman penghasil kuaci serta pohonnya sebagai pakan ternak.
Tanaman bunga matahari ini juga dibudidayakan karena bunga matahari yang dapat memproduksi minyak bunga matahari yang mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sebagian besar orang menanam bunga matahari untuk mempercantik halaman rumah.

Jenis jenis bunga matahari

Berikut cara-cara penyemaian biji bunga matahari yang benar adalah sebagai berikut :
Sebelum menanam biji bunga matahagri maka pilihlah lokasi untuk menanam
Pilih tanah yang langsung terpapar sinar matahari

Cara mengambil biji bunga matahari

Pilh tanah yang subur , gembur dan hangat
Buat lbangdi tanah sebesar 50cm, penhi bagian lubang dengan tanah gembur dan campuran pupuk kandang  dengan perbandingan 1:1
Ambil bibit bunga matahari beserta arena akar tanaman bunga matahari akan sangat panjang

Proses pertumbuhan bunga matahari

Kemdian tanam kedalam lubang  dan isi semaian sekaligus dengan akar bunga matahari ke dalam lubang
Serta isi dengan media tanam hingga menutupi pangkal tbatang sekitar 1-2 cm
Jika tanaman bunga matahari lebih dari satu , beri jarak antara tanaman yang satu dengan yang lain kurang lebih 1 meter.

Cara semai benih bunga matahari

Siram tanaman bunga matahari sebanyak satu kali sehari.
Cara perawatanyapun sangat mudah, antara lain :
Saat tanaman bunga matahari berumur 1-2 bulan, selain memberi pupuk kandang  dapat menggunakan puuk kimia
Pada umur 3 bulan tanaman bunga matahari akan muncul kuncup-kuncup bunga, satu tanaman bunga matahari dapat  menghasilkan 10-12 tangkai bunga matahari. Jiak inginkan bunga matahari yang besar maka potonglah tangkai-tangkai yang lemah.

Bibit bunga matahari

Jika tanaman bunga matahari sudah mencapai 1 meter maka gunakan batang bamboo untuk menopang tanaman
Untuk penyiraman semakin tinggi tanaman akan semakin bertambah besar tanaman maka kurangi pemberian air menjadi 2 kali sehari yaitu apabila musim kemarau dapat di lakukan pada saat pagi dan sore hari.

Umur bunga matahari

Setelah periode berbunga, tanaman bunga matahari akan menjadi coklat dan menghasilkan biji. Biji-biji bunga matahari dapat dimanfaatkan sebagai kwaci atau sebagai bibit tanaman baru. Simpan biji bunga matahari jauhkan dari jangkauan burung atau pemakan biji lainnya.

Berikut Videonya