-->

Teknik Budidaya Tanaman Hias

.
.

Teknik budidaya tanaman hias

Tanaman hias sangat diminati kebanyakan orang , tanaman yang memiliki daun-daunan yang indah serta bentuk yang bagus serta bunga-bunga yang cantik membuat kebanyakan orang terpesona akan keindahan tanaman hias tersebut. Hal ini membuat terbukanya peluang-peluang bisnis yang bagus dan sangat menjanjikan. Sekarang banyak pengusaha tanaman hias tidak hanya menjual tanaman hiasnya secara langsung, bahkan sudah menggunakan sistem online yang sangat membantu penjual dalam pemasaran tanaman hiasnya tersebut hingga jarak yang jauh.bahkan lebih mudah cara pemesanannya.

Teknik budidaya tanaman hias secara umum

Hambatan dan tantangan membudidayakan tanaman hias adalah sebagai berikut :
Sarana transportasi yang kurang mendukung
Iklim yang kurang mendung atau tidak menentu
Kondisi tanah yang tidak sesuai dengan tanaman hias
Banyaknya persaingan dalam pemasaran tanaman hias


Teknik pengemasan hasil budidaya tanaman hias tidak boleh sembarangan karena dapat merusak tanaman. Dengan jarak tempuh yang jauh maka pengemasan tanaman hias memerlukan teknik khusus dalam pengemasannya.hal ini dikarenakan tanaman hias sangat rentan rusak. Teknik pengemasan yang benar agar tanaman tidak rusak dalam perjalanan yang panjang.

Jelaskan teknik budidaya tanaman hias

Perlu adanya pengangkutan yang dapat mengantar pesanan atau tanaman hias tersebut dengan cepat sehingga tanaman tidak layu dan tidak rusak, maka tanaman hias tersebut sampai pada pembeli dengan keadaan yang baik atau segar.
Perhatikan juga apakah suhu udara yang cocok untuk tanaman hias tersebut salama dalam perjalanan.gunakan dengan mobil box agar tamanan hias mendapatkan udara yang cuku dan usahakan dalam mobil box terdapat alat untuk mengukur suhu udara.

Cara merancang budidaya tanaman hias

Teknik pengemasan hasil budidaya tanaman hias yang dikemas dalam bentuk souvenir
Dalam pekembangan pemasaran  dan banyaknya permintaan jenis tanaman hias dan perkembangan kreasi dan inovasi yang baru maka kini tanaman hias tidak hanya berbentuk tamanan saja namun menjadi souvenir dengan bentuk yang menarik dan unik.



Pengemasan souvenir tanaman hias ini tidak sembarangan tanaman bisa di kemas karena bentuk dan jenis-jenis tertentu saja seperti :
Adenium
Sukulen
Kaktus
Soka
Aglaonema
Melati



Pengemasan bisa menggunakan pot keramik, keranjang rotan, dan lastik mika sesuai dengan jenis tanaman hias dan pesanan pembeli. Pengemasan tidak hanya menggunakan bahan-bahan tersebut saja, perlu disertai dengan asesoris sebagai hiasan seperti pita dan tali untuk menenteng souvenir.
Denga cara pengantaran dan inovasi menjadi souvenir akan berfungsi sebagai sarana promosi dan penjualan semakin meningkat dan harga tanaman mengalami peningkatan.