-->

Budidaya Tanaman Hias

.
.

Budidaya tanaman hias

Taman hias adalah jenis tanaman yang berbentuk indah yang vsengaja di tanam sebagai hiasan di emiliki daun yang indah taman maupun teras rumah. Tanaman hias tidak terpaku pada tanaman bunga saja tetapi mencakup bentuk tanaman dengan ranting dan tangkai yang indah serta tanaman yang  indah dan daun yang ber macam-macam bentuknya yang indah.

Budidaya tanaman hias bonsai

Bagi yang memiliki hobi bercocok tanam seperti tanaman hias ini mungkin akan tertarik dengan usaha ini. Karena budidaya  tanaman hias tersebut tidak hanya menjadi hobi semata, tetapi juga dapat menjadi peluang usaha karena banyak sekali orang yang menyukai jenis tanaman hias ini.

Cara budidaya tanaman hias anggrek

Perawatan tanaman hias tidak instan dan memerlukan waktu yang lama, dengan perawatan-perawatan tertentu,perawatan tanaman hias memerlukan keuletan dan ketlatenan serta ketekunan  dalam perawatannya maka tanaman hias akan menghasilkan tanaman yang bagus dan indah. Dengan hasil yang beraneka ragam bentuk dan macam tanaman hias serta banyak peminatnya maka tamanan hias memiliki peluang usaha yang menjanjikan.

Budidaya tanaman hias kamboja

Budidaya tanaman hias tidak sembarangan dan jika ingin membudidayakan tanaman hias ini perlu memelajari cara-cara perawatan agar tidak salah dalam penerapannya. Hal yang perlu diperhatikan apabila akan membudidayakan tanaman hias tersebut adalah sebagai berikut :
Pot dan tanah
Menyediakan media tanam  seperti pot tanaman dan tanah yang menjadi unsur pokok dari penanaman. Serta memilih jenis tanah yang cocok untuk tanaman hias yang akan ditanam, karena jenis tanah sangat berpenaruh terhadap pertumbuhan tanaman hias.

Budidaya tanaman hias mawar

Pemilihan tanaman
Memilih tanaman hias yang mudah ditanam dan mudah dalam perawatannya. Karena setiap jenis tanaman hias memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam perawatannya.

Makalah budidaya tanaman hias

perawatan
Perawatan tanaman hias yang meliputi penyiraman dan pemupukan, sebaiknya dalam menyiram tanaman hias jangan menggunakan air yang terlalu banyak untuk menghindari pembusukan pada akar tanaman.
Tempat
Peletakan tanaman sangat berpengaruh bagi tanaman hias karena apabila terlalu sering terkena sinar mata hari atau secara langsung terkena panas matari maka tanaman akan layu dan mati, lakukan dengan cara membuat semacam peneduh dari jaring-jaring untuk atap tanaman.

Teknik budidaya tanaman hias secara umum

Dalam perawatan tanaman hias air sangat perperan penting terhadap pertumbuhan tanaman hias, karena air dapat mengubah suhu udara yang panas pada tanaman.kekurangan dan terlambat dalam penyiraman akan sangat berpengaruh pada tanaman karena akan berdampak layu pada daun. Layu pada daun disebabkan karena penguapan dalam sel tanaman akibatkekurangan kadar air yang tidak mencukupi dan suhu udara disekitar yang panas.

Contoh budidaya tanaman hias

Apabila terlalu sering menyiram atau terlalu banyak dalam menyiram tanaman hias tersebut juga akan berdampak buruk terhadap tanaman, apa bila tanaman berada dalam pot. Penyiraman yang terlalu sering dan terlalu banyak maka akan menyebabkan tanah menjadi berair atau serupa dengan lumpur dan sangat lama dalam proses karingnya tanah tersebut maka akan menyebabkan akar pada tanaman menjadi membusuk.
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan tanaman hias adalah sebagai berikut :

Penyemprotan

Hama sangat mengganggu tanaman hias seperti ulat, serangga dan jamur . lakukan pemberantasan hama tersebut dengan cara penyemprotan.

Pembentukan dan pemangkasan

Ranting dan tangkai pada tanaman hias semakin lama akan semakin tumbunng rimbun dan tidak teratur maka perlu di lakukan perawatan seperti pemangkasan dan penataan (pembentukan).pemangkasan sangat penting kagrena memicu tunas dan daun barusehingga tumbuh bersamaan.


Mengganti media tanam

Semakin lama tanaman hias tumbuh akan nyebabkan akar pada tanaman juga lebih banyak. Ini menyebabkan media tanam seperti pot akan penuh dengan akar sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman hias  tersebut.penggantian media tanaman hias tersebut juga tergantung pada jenis tanaman hias.
Jika perawatan tanaman hias tersebut di tekuni maka kemungkinan besar akan berhasil dengan hasil yang cukup memuaskan.

Tonton videonya di sini