-->

Teknik Pengemasan Hasil Budidaya Tanaman Hias

.
.

Teknik pengemasan hasil budidaya tanaman hias

Semakin banyak pengemar tanaman hias pada saat ini budidaya tanaman hias adalah peluang usaha yang sangat bagus dan menjanjikan keuntungannya, diiringi kengan kemajuan teknologi maka pemasaran tanaman nhias tidak ahanya penjualan secara langsung tetapi juga menggunakan system pemesanan online. Sehingga jarak kirin tanaman hias mencapai jarak tempuh yang jauh.
Pengemasan dan pengiriman tanaman hias menjadi poin yang penting dalam bisnis ini. Dengan vkemasan yang menarik dan dengan binovasi-inovasi serta kreasi maka tanaman hias tersebut akan menjadi lebih inah dan pembeli merasa tertarik jika melihatnya,. Dan kemudian  system pegiriman tamanman hias juga sangat penting karena tanaman hias harus fres dan masih segar ketika sampai ke tangan konsumen tidak rusak dan layu.

Menetapkan desain dan pengemasan produk budidaya tanaman hias

Oleh karena itu ada beberapa teknik pengemasan hasil budidaya tanaman hias adalah sebagai berikut :
Teknik pengemasan tanaman hias untuk jarak dekat
Untuk jarak kirim yang dekat maka tidak perlu teknik pengemasan yang terlalu rumit, teknik pengemasan yang sederhana cukup efektif untuk pengemasan tanaman hias dengan menggunakan daun pisang adalah alternative yang bagus agar kesegaran tanaman hias tetap terjaga, caranya tangkai bunga dibungkus dengan vdaun pisang secara melingkarkemudian masukkan kedalam ember yang bersi air.
Teknik pengemasan tanaman hias untuk jarak jauh
Sehubungan dengan majunya system komunikasi serta media pemasaran yang sangat pesat system online akan nenjadikan jarak kirim tanaman hias semakin jauh dan meluas.  Untuk teknik pengemasan jarak jauh tentunya perlu perlakuan yang khusus agar tamanan hias tidak rusak dalam perjalanan. Karena jarak tempuh yang sangat panjang dan sangat beresiko .

Wirausaha di bidang budidaya tanaman pangan

Pengiriman jarak jauh perlu dilakukan dengan ceat agar penampilan tanaman hias dalam kondisi yang segar dan bagus. Kemudian penyusunan pengemasan jangan terlalu tinggi dan harus tahan dengan goncangan
Perhatikan suhu udara dalam pengaktan karena sangat berpengaruh terhadap kesegaran tanaman hias, disarankan agar tanaman tetap baik kualitasnya sebaiknya menggunakan mobil box yang terdapat alat pengukur suhu, vsehilngga tanaman terhindar dari hama maupun penyakit
Teknik pengemasan tanaman hias dalam bentuk souvenir
Souvenir  tidak hanya berupa makanan dan barang saja, kini souvenir bisa berupa tanaman hias. Dengan inovasi-inovasi dan kreasi yang baru dan menarik maka pembeli akan tertarik dan membelinya, tidak semrang tanaman hias bisa di kemas menjadi souvenir, misalnya adenium, sukulen, kaktus, aglaonema, dan melati.
Pengemasan souvenir bisa menggnakan keranjang rotan, pot keramik, dan mika selain itu gelas kecil juga menjadikan tanaman hias menjdi lebih unik dan cantik.penggunaan gelas kecil hanya bisa di terapkan dengan media tanam hidro gel.

Cara pengemasan tanaman hias potong

Gunakan pipa paralon untuk engemasan tanaman hias mengunakan mika serta alasnya menggunakan Styrofoam sebagai pemanis tambahkan pita sebagai hiasanserta tali yang berfungsi untuk menenteng souvenir tanaman hias tersebut.
Teknik pengemasan tanaman hias dengan baik bertujuan untuk melindungi tanaman agar selama pengangkutan kualitas tanaman hias tersebut terjaga dan tanaman tidak rusak.

Berikut Videonya