-->

Budidaya Tanaman Hias Kamboja

.
.

Budidaya tanaman hias kamboja

Tanaman hias kamboja adalah salah satu tanaman hias yang sangat diminati banyak orang, saat ini hamper disetiap rumah atau kebun terdapat tanaman kamboja ini, bunganya yang beraneka garam bentuk dan warnanya yang indah dan beraneka ragam sera perawatan yang sangat mudah membuat pecinta tanaman hias menanam tanaman hias kamboja ini.

Cara menanam bunga kamboja jepang

Tanaman hias kamboja ini bisa menghiasai halaman rumah dengan penggunaan pot bunga yang indah maka tanaman hias kamboja tersebut akan terlihat semakin indah.
Persiapan awal cara menanam tanamana hias kamboja tersebut, sebagai berikut :
Lagkah-langkah persiapan media tanam :
Siapkan pot sebagai media tanam

Cara menanam bunga kamboja dengan biji

Isi dasar pot dengan kerikil atau pecahan bata dan genting
Isi pot dengan media tanam
Campur pasir, tanah dan pupuk
Karena tanaman nhias kamboja ini menyukai lahan kering maka campuran tersebut sebaiknya ½ pasir halus, ½ pupuk kandang atau upuk kompos dengan atau tanpa tanah agar kekeringan media terjaga.

Bunga kamboja bali

Setelah campuran media tanam siap, penanaman pada pot sangat penting kaitannya dengan pertumbuhan tanaman hias, antara lain :
Pilih pot dengan bahan dasar tembikar, bertujuan agar mendapatkan oksigen yang cukup melalui pori-pori tembikar
Pegisian pot 1/3 pot bunga agar memiliki ruang yang cukup bagi sirkulasi udara

Cara stek kamboja

Tempatkan pot bunga dekat dengan akses air agar mempermudah penyiraman dan dekatkan dengan sinar matahari karena berpengaruh pada pertumbuhan tanaman
Cara menanam tanaman hias dengan batang
Untuk memperbanyak tanaman hias kamboja tersebut dapat ditanam dengan cara penyetekkan yaitu cara tanam dmenggunakan batang kemudian langsung di tanam pada media tanam. Tanaman kamboja ini termasuk jenis tanaman hias yang menyukai terik matahari.

Bunga kamboja bonsai


Jika masih dalam encarian bibit kamboja yang cocok, yang menjadikan pertimbangan awal adalah warna bunga dan jenis daun apakah berdaun lancip atau bulat.
Ketika memilih bibit pun, pilihlah bibit yang berkualitas, dengan ciri-ciri akar-akarnya dibngkus dengan menggunakan polybag atau karung, sehingga tanaman kamboja tersebut tetap terjaga ke sehatan batangnya.

Cara merawat bunga kamboja agar berbunga lebat

Berikut cara menanam kamboja dengan batang antara lain :
Sebelum melakukan penanaman gali lubang yang cukup dalam kurang lebh 10 cm, tanah yang akan ditanami bukan merupakan sisa-sisa bongkahan abatu bata atau batu yang akan menghambat pertumbuhan tanaman kamboja.

Cara menanam bunga kamboja dengan stek batang

Ketika ditanam lepaskan pembungkus akar namun biarkan tanah tetap menempel, agar tanaman kamboja beradaptasi, sehingga tanaman kamboja dapat hidup dengan baik, serta dapat tumbuh sehat .

Jenis bunga kamboja