-->

Budidaya Tanaman Hias Mawar

.
.

Budidaya tanaman hias mawar

Tanaman mawar merupakan jenis tanaman hias yang sangat diminati oleh kenyakan orang karena berbagai warna bunganya yangbermacam-macam dan dengan jenis yang beraneka ragam menjadikan mawar menjadi tanaman hias yang menarik dan memiliki estetika tinggi ketika orang melihatnya. Budidaya tanaman hias ini sangat diminati karena tidak sulit dalam erawatan dan pembibitannya serta tanaman mawar ini cukup menjadikan binis yang sangat menjanjikan hasilnya.

Makalah budidaya tanaman mawar


Tanaman mawar cocok ditanam didaerah yang beriklim sejuk seperti pegunungan atau beriklim subtropics hingga iklim tropis. Selain sebagai tanaman hias dan bunga potong, mawar sangat banyak manfaatnya seperti antiviral, anti bakteri, depresan, anti peradangan, dan sebagai sumber vitamin C.
Mawar juga dapat di manfaatkan sebagai minyak mawar yang terbuat dari penyulingan dan menguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi paerfum, dan dapat juga dimanfaatkan untuk the, jelly dan selai.

Mengapa bunga mawar banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias

Beberapa teknik pembudidayaan mawar meliputi :
Mempersiapkan lahan
Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman mawar adalah tanah yang mengandung unsur hara yang lebih banyak, karena akan menyuburkan tanaman mawar tersebut.
Persiapan benih
Persiapan benih enting dalam penanaman tanaman mawar dengan memilih bibit yang bagus maka akan berpengaruh pada hasil tanam yang bagus.

Standar operasional prosedur budidaya tanaman hias yang biasa dibudidayakan

Penanaman benih
Penanaman tersebut dilakukan dengan memindahkan bibit tanaman mawar dari polybag ke media tanam yang baru dan bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Dengan jarak tanam satu dengan yang lain sekitar 20x20 cm dan jarak dengan bedengan sekitar 5cm.
Pemeliharaan tanaman
Dilakukan dengan teliti dan ketekunan serta telaten dalam perawatannya. Ada beberapa proses perawatannya antara lain:

Standar operasional prosedur budidaya tanaman hias melati

Pengepelan
Melakukan pembuangan daun-daun tua pada bagian bawah tangkai mawar antara 2-3 daun dari bawah.
Pewiwilan
Melakukan pembuangan bunga yang tumbuh pada bagian tangkai pembendingan.

Tanaman hias mawar dan ciri cirinya

Pembendingan
perundukan tangkai mawar yang tumbuh pada batang utama (batang okulasi) bertujuan untuk menumbuhkan tunas baru pada tangkai.
Selain ditaman di tanah tanaman mawar juga dapat di tanan pada pot.dan ada beberapa cara penanaman yang tepat dan baik antara lain :
Sediakan bibit stek , usahakan mengambil bagian tengah karena pada ujung masih muda dan tanaman mawar ini tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya
Sediakan pot,tanaman mawar dapat di tanam di semua jenis pot.
Sediakan tanah yang hitam tau sekam bekas pembakaran serta sediakan pupuk konmpos, pasir masing-masing 1:1:1/4

Budidaya tanaman hias gelombang cinta

Lagkah selanjutnya  adalah sebagai berikut :
Campurkan bahan-bahan seperti tanah, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan tanah 1 ember, pupuk 1 ember dan pasir ¼ campur dan aduk rata.
Masukkan tanaha yang sudah dicampur tersebut kedalam pot
Masukkan potongan batang mawar dan tancapkan kedalam pot yang berisi tanah

Tanaman hias bunga anggrek

Setelah itu, siram dengan air secukupnya, simpan pada tempat yang sejuk atau tidak terkena langsung sinar matahari. Penyimpanan diusahakan agar di letakkan pada tempat yang gelap agar pertumbuhan tunas batang mawar terangsang dan perakarannya tumbuh dengan baik.
Jika tunas telah tumbuh maka pindahkan ke tempat yang terng agar mendapat sinar matahari agar dapat perfotosintesis

Budidaya mawar potong

Kemudian siram ada agi dan sore hariselama 1-2 bulan.
Paparan diatas adalah cara-cara penanaman tanaman mawar yang baik, semoga dapat menjadikan pedoman yang dapat di terapkan .