-->

Cara Budidaya Tanaman Hias

.
.

Cara budidaya tanaman hias

Penanaman tanaman hias merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan membuat lingkungan rumah menjadi lebih sejuk dan indah. Tanaman hias tidak hanya di tananam di halaman atau teras rumah saja bahkan dapat di tanam didalam ruangan sebagai hiasan rumah.tanaman hias sangat unik dan indah dipandang mata karena keindahan bunga, daun, buah, dan bentuk batangnya.

Cara budidaya tanaman hias anggrek

Cara pembudidayaan tanaman hias tersebut harus diperhatikan dengan baik dan benar, dengan menjadikan pedoman penanaman tanam hias dan pembudidayaan tanaman hias, ada beberapa pedoman penanaman tanaman hias tersebut adalah sebagai berikut :

Teknik budidaya tanaman hias secara umum

Persiapkan pera media tanam
Peralatan-peralatan dalam menanam tanaman hias cukup sederhana seperti pot, sekop kecil, semprotan air, tanah atau media tanam lainnya sesuai dengan jenis tanaman hias dan juga pupuk komos. Selain mempersiapkan hal tersebut maka harus memastikan ketersediaan air untuk menyiram tanaman hias tersebut.

Budidaya tanaman hias bonsai

Penanaman tanaman hias
Penanaman tanaman hias tidak bisa dilakukan sembarangan. Dengan mengetahui jenis tanaman hias tersebut maka akan mengetahui cara penanamannya karena penanaman tanaman hias memiliki cara-cara yang berbeda-beda.langkah-langkah penanaman tanaman hias tersebut antara lain :

Langkah pertama
Siapkan media tanam seperti pot, dan tanaman yang menggunakan media tanam tanah perlu mencampurkan pupuk kompos agar tanah tersebut memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman hias tersebut baik dan subur.
Budidaya tanaman hias kamboja

Langkah kedua
Setelah mempersiapkan media tanam, maka dapat memilih jenis tanaman hias yang sesuai dengan media tanam atau sesuai dengan jenis tanaman. Penanaman tanaman hias ada yang dari biji, dari bibit, danmasih banyak lagi. Jika penanaman mulai dari biji maka harus di perhatikan proses penyemaiannya dan media penyemaian agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika dimulai dari bibit maka bisa langsung di tanam di pot.pastikan bibit tanaman yang ditanam mendapatkan air yang cukup agar tumbuh dengan baik.
Perawatan tanaman hias setelah penanaman bibit yangditanam dapat hidup dengan baik makalanjutkan dengan perawatan untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman hias, antara lain :

Makalah budidaya tanaman hias

Penyiraman secara rutin
Agar tumbuhan tumbuh dengan baik maka lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman hias terjaga kebutuhan airnya dalam berfoto sintesis. Dalam penyiramannya perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan masing-masing jenis tanaman.
Pemupukan
Pupuk dapat diberikan kepada tanaman agar tanaman tumbuh subur dan pupuk sangat membantu tanaman hias dalam pertumbuhannya.gunakan pupuk kompos atau pupuk buatan sesuai dengan jenis tanaman hias.

Jelaskan teknik budidaya tanaman hias

Pemberian pestisida dan insekstisida
Tanaman hias sangat rentan dengan serangan hama dan penyakit, maka pestisida dan insekstisida  sangat di perlukan. Pemberian estisidan dan insekstisida harus sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman hias tersebut.
Demikian bebebrapa cara perawatan tanaman hias yang baik dan benar agar menjadi acuan dan pengetahuan para pecinta tanaman hias dan dapat diterapkan langsung dan semoga dapat bermanfaat.

Cara merancang budidaya tanaman hias